5 Tips Memilih Aplikasi VPN Terbaik dan Aman

5 Tips Memilih Aplikasi VPN Terbaik dan Aman

  • Post category:Aplikasi
  • Reading time:4 mins read

5 Tips Memilih Aplikasi VPN Terbaik dan Aman – Beberapa pengamat menyebutkan jika memilih aplikasi VPN yang aman bukanlah perkara yang mudah.

Terlebih beberapa aplikasi VPN terkadang melacak aktivitas pengguna saat menjelajah internet.

Sehingga, sebagai pengguna kita mesti benar-benar paham bagaimana caranya memilih aplikasi VPN terbaik yang memberikan jaminan keamanan.

Tapi tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memilih aplikasi VPN yang aman untuk perangkat kita.

Yuk simak informasi berikut selengkapnya:


5 Tips Memilih Aplikasi VPN Terbaik dan Aman

1. Jangan Buru-buru Termakan Klaim yang Kurang Berdasar

Setiap pengembang pasti akan mengunggulkan aplikasi buatannya sebagai yang terbaik dengan berbagai macam cara. Termasuk beriklan di berbagai media dan forum atau bahkan menggandeng influencer untuk mengenalkan produknya.

Sebagai pengguna yang cerdas, kita tak boleh terlalu percaya dengan klaim yang mereka berikan secara masiv. Setidaknya, lihat bagaimana tinjauan yang diberikan pihak ketiga atas aplikasi VPN yang developer tersebut buat.

Baca Juga: 7 Situs Nonton Film Online Sub Indo Gratis

Jika tidak ditemukan tinjauan yang mendukung atau memadai, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memilih aplikasi VPN yang aman lainnya. Karena aplikasi VPN terbaik dan yang benar-benar aman tidak perlu melakukan klaim sepihak secara berlebihan.


2. Periksa Layanan Pengguna yang Diberikan

Sebelum memasang aplikasi VPN ke perangkat yang kita gunakan, ada baiknya lakukanlah peninjauan terhadap layanan pelanggan.

Aplikasi VPN yang paling aman biasanya selalu memiliki layanan pengguna yang memadai. Serta selalu siap sedia untuk mendukung penggunanya jika terjadi permasalahan saat menggunakan aplikasi VPN mereka.

Perhatikan juga apakah pengembang memyiapkan halaman FAQ, forum komunitas atau obrol di laman resmi mereka.

Jangan lupa cari tahu apakah pengembang juga menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya agar pelanggan bisa menyampaikan pengaduan jika terjadi pemasalahan.

Dengan layanan pengguna yang memadai, ini akan menjadikan pengguna merasa lebih dekat. Karena setiap keluhan atau ketidakpuasan yang dirasakan oleh pengguna segera ditangani dengan cepat oleh pihak pengembang aplikasi.


3. Selalu Baca dan Pahami Isi Dalam Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Umumnya, pengembang VPN hanya melakukan pencatatan sejumlah log data. Misalnya saja, seperti bandwith yang terpakai atau durasi koneksi yang digunakan agar bisa membantu meningkatkan layanannya.

Akan tetapi, jika pengembang ternyata diketahui juga ingin menyimpan informasi tentang detail riwayat log kita di internet.

Seperti situs-situs yang sudah kita kunjungi, file seperti apa saja yang kita unduh atau bahkan siapa saja yang kita hubungi, maka segera cari aplikasi VPN lain.

Karena hal tersebut sangat berpotensi menimbulkan penyalahgunaan data. Tentu kamu tidak mau terganggu dengan iklan-iklan yang tidak relevan saat lagi asik browsing di internet, bukan?


4. Perhatikan Review Atau Ulasan Tentang Aplikasi VPN

Review atau ulasan terhadap aplikasi VPN baik secara offline maupun online bakal memberikan kita informasi terkait dengan keabsahan dari penyedia layanan VPN. Apakah, memang review tersebut benar-benar dari para pengguna atau klaim sepihak.

Kita bisa menemukan review-nya dari internet, mulai dengan melakukan pencarian sederhana di Play Store. Atau menjelajahi sejumlah situs review terpercaya untuk mengetahui apa yang para pengguna katakan mengenai layanan ini.

Jangan sekedar mencari informasi mengenai pengalaman penggunanya saja tapi perhatikan pula sejauh apa review tersebut terus berjalan.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dan Smartphone

Jika review satu-satunya yang bisa ditemukan bahkan telah diunggah lebih dari sebulan terakhir, ini bisa jadi indikasi bahwa layanan VPN tersebut kurang terpercaya.


5. Cermati Aplikasi VPN yang Akan Digunakan

Jika kamu ingin agar keamanan data tetap terjaga ketika menggunakan VPN, maka disarankan untuk lebih cermat dalam memilih aplikasi VPN terbaik.

Meskipun umumnya, aplikasi VPN gratisan kerap melakukan pencurian data, untuk kemudian menjualnya ke pihak ketiga demi bisa memperoleh keuntungan materi.

Baca Juga: Simpel dan Mudah! Ini Cara Download Aplikasi di Laptop

Namun tidak semua aplikasi VPN gratis melakukan hal curang yang demikian. Tetapi setidaknya dengan beberapa tips di atas kita jadi lebih tahu mana aplikasi VPN paling aman untuk digunakan.

Salah satu rekomendasi aplikasi VPN terbaik dan aman yang bisa dicoba adalah VPN Mantap.

Jangan salah, meski aplikasi VPN ini termasuk gratis tapi mereka menjamin koneksi yang aman tanpa ada penyimpanan history log di internet.

Jadi lebih tenang saat browsing di internet, karena bisa bebas menjelajah tanpa merasa dimata-matai. Kita pun juga tak perlu takut data pribadi kita bakal diretas atau digunakan secara tidak bertanggung jawab.

Download VPN Mantap

Google Play

Penutup

Demikian tadi beberapa tips aman memilih aplikasi VPN terbaik yang bisa digunakan. Jika ingin lebih aman menggunakan VPN dalam berselancar di internet. Maka jangan sembarang pilih aplikasi VPN untuk perangkat kamu.

Karena resiko buruk yang akan menghantui karena kesalahan memilih aplikasi VPN yang aman, kita sendiri yang bakal menanggungnya. So be aware, ya!

Baca Juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di PC dan Mobile