7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone, Laptop dan WiFi

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone, Laptop dan WiFi

  • Post category:Internet
  • Reading time:5 mins read

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone, Laptop dan WiFi – Jaringan internet yang tidak stabil memang bikin bete.

Tapi, jangan khawatir karena banyak cara mempercepat koneksi internet. Tak cuma di smartphone, koneksi internet di laptop maupun Wi-Fi juga bisa dipercepat. Gampang banget!

Sesungguhnya, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi jaringan internet hingga membuatnya sedikit lebih lambat. Dari mulai, kuota internet yang hampir habis hingga jaringan internet yang buruk memang dapat memperlambat koneksi internet.

Jika kamu merasa kuota data internet masih banyak, tapi koneksi internet melambat, bisa jadi memang lokasi kamu yang membuat jaringan internet tidak stabil. Begitu pula sebaliknya.

Jangan dulu merasa khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi internet baik untuk smartphone, laptop maupun Wi-Fi. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut selengkapnya.


7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone, Laptop dan WiFi

Cara mempercepat jaringan internet bukan cara yang sulit, karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut diantaranya.

1. Cara Mempercepat Internet di Smartphone Dengan Menghapus Cache

Mempercepat koneksi internet di perangkat smartphone tidaklah sulit dilakukan. Pertama, coba periksa chace yang ada di smartphone Android milikmu dan hapus segera.

Ini bisa jadi cara mempercepat internet di perangkat smartphone dengan sangat mudah. Karena bisa jadi koneksi internet yang melambat karena terjadi penumpukan chace. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih chace secara otomatis yang bisa didownload dari play store secara gratis.


2. Mengaktifkan Ad-Blocker Pada Browser di Smartphone

Ketika browsing menggunakan browser smartphone Android, kamu pasti menjumpai banyak iklan berseliweran di laman web yang dikunjungi. Nah, hal inilah yang membuat koneksi internet menjadi lebih lambat.

Selain menghapus chace di smartphone Android, ada cara lain mempercepat koneksi internet. Yakni dengan mengaktifkan ad-blocker di browser Android. Dengan begitu, aktivitas browsing akan menjadi lebih lancar dan cepat.


3. Gunakan Aplikasi VPN

Selanjutnya, cara mempercepat internet di smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi VPN. Salah satu aplikasi VPN terbaik yang bisa kamu coba adalah VPN Mantap.

Meski lebih dikenal sebagai aplikasi pembuka situs yang diblokir, ternyata aplikasi VPN Mantap juga cukup ampuh mempercepat koneksi internet.

Dengan aplikasi VPN handal ini, kamu bisa lebih leluasa mengakses situs Reddit buatan Amerika Serikat secara gratis.

Download dan aktifkan aplikasi VPN Mantap di smartphone. Lalu pilih server dari Amerika Serikat agar akses ke Reddit dan situs yang diblokir lainnya menjadi lebih lancar. Beneran deh!

Download VPN Mantap

Google Play

4. Menonaktifkan Auto Update Pada Windows

Selanjutnya, cara mempercepat koneksi internet pc ini sedikit berbeda dengan perangkat smartphone Android. Yakni dengan menonaktifkan fitur auto update di Windows.

Pasalnya, fitur ini membuat bandwith internet yang digunakan cukup terkuras banyak. Dengan menonaktifkan fitur tersebut, penggunaan internet bisa lebih hemat dan membuat jaringan internet jadi lebih stabil.


5. Melakukan Pembaruan Pada Driver WiFi di Laptop

Masalah koneksi jaringan juga bisa terjadi jika driver WiFi yang digunakan keliru atau sudah ketinggalan jaman (outdate). Jadi salah satu cara cara mempercepat koneksi wifi di laptop dan PC adalah dengan memperbarui driver adaptor WiFi atau jaringan.

Setiap perangkat memiliki driver WiFi yang sesuai dengan tipe dan model yang digunakan. Pastikan untuk mencari tahu driver WiFi yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan agar tidak jaringan internet menjadi lebih stabil.


6. Lakukan Flushing DNS dan Network Reset

Cara menstabilkan koneksi internet di PC dan laptop yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan Flushing DNS. Flush DNS dipakai untuk me-reset ulang cache komputer (DNS client) yang sedang digunakan.

Hal ini untuk menyesuaikan beberapa perubahan informasi yang terjadi dalam suatu domain, name server, dan DNS dengan data-data yang baru. Berikut cara mudah me-reset jaringan dan flushing DNS:

  • Bukalah Command Prompt lalu klik kanan – pilih opsi Run As Administrator.
  • Dalam kolom yang tersedia, ketik flushdns atau ipconfig lalu klik Enter.
  • Jika sudah selesai, lanjut dengan mengetik renew/ipconfig dan Enter.
  • Tutup Command Prompt, lalu cobalah untuk mengakses internet.

7. Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC Dengan Meningkatkan Angka IRPStackSize

Cara menambah kecepatan WiFi pada PC dan laptop selanjutnya adalah dengan menyesuaikan IRPStackSize jadi lebih tinggi. Dengan meningkatkan nilainya, maka kecepatan koneksi internet akan menjadi lebih optimal.

Nilai IRPStackSize secara default ada di angka 15, padahal sebenarnya nilai tersebut bisa ditingkatkan hingga angka 50. Karenanya, kamu perlu mengganti pengaturannya, berikut langkahnya:

  • Klik StartRun – lalu ketik regedit (Registry Editor).
  • Klik HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Di bagian folder tersebut, klik kanan di file DWORD di bagian “IRPStackSize”, laku klik Modify, kemudian ubah nilainya menjadi angka 50.
  • Jika tidak menemukan file yang dimaksud, kamu bisa membuat file DWORD yang baru dengan meng-klik kanan, NewDWORD Value. Lalu beri nama “IRPStackSize” denvan Value 50.
  • Klik OK, lalu tutup Registry Editor.
  • Jika sudah, segera Restart komputer yang digunakan.

Penutup

Demikian tadi beberapa cara mempercepat koneksi internet baik pada smartphone, PC dan juga WiFi yang cukup mudah dilakukan. Mulai dari menghapus cache di perangkat, memasang aplikasi VPN Mantap, memperbarui driver WiFi hingga menyesuaikan angka IRPStackSize.

Semuanya bisa kamu coba untuk meningkatkan koneksi internet pada perangkat gadget yang kamu miliki. Jadi gak perlu galau lagi kalau koneksi internet lagi gak stabil, karena kita bisa memperbaikinya sendiri. Semoga bermanfaat!