You are currently viewing Cara Menghapus Jejak Digital Dengan Mudah Dan Cepat !

Cara Menghapus Jejak Digital Dengan Mudah Dan Cepat !

  • Post category:Internet
  • Reading time:5 mins read

Jejak digital merupakan salah satu kamera pengawas paling multi fungsi dan jarang disadari oleh kebanyakan pengguna internet. Jika kamu tidak nyaman dengan hal tersebut, maka kamu perlu tahu cara menghapus jejak digital agar prifasi mu tetap terjaga.

Jejak digital sendiri bisa menjadi sebuah aib yang sangat memalukan apabila diketahui oleh orang orang terdekat mu. Misalnya saja setelah kamu browsing film porno lalu orang terdekat mu meminjam handphone mu dan mengetahuinya, tentu sangat memalukan sekali.

Catatan Penting

Dengan  mengaktifkan VPN Mantap, kamu akan lebih leluasa buat streaming film semi Jepang sepuasnya. Bisa buat buka situs yang diblokir atau terkena internet positif !

Download VPN Mantap

Yang lebih memalukan lagi adalah jika anak atau adik mu yang mengetahui rekam jejak digital mu. Bisa dibayangkan bagaimana tidak enaknya jika kejadian ini menimpa kamu bukan? Padahal, rekam jejak digital adalah hal yang mudah untuk ditangani.

Nah supaya kamu lebih cepat memahami, berikut sudah kami rangkum khusus untuk kamu mengenai detil detil pengertian tentang jejak digital beserta cara menghapus jejak digital tersebut.

Pengertian Jejak Digital

Jejak digital adalah sekumpulan riwayat kegiatan seseorang yang tercatat di internet dan bisa dilihat oleh orang orang. Contohnya saja ketika kamu menonton video di youtube, maka riwayat tontonan mu akan tercatat dan menjadi sebuah jejak digital.

Contoh lainnya adalah riwayat chat di whatsapp yang jika tidak dihapus akan menjadi jejak digital dan bisa diketahui orang lain, sekalipun orang lain itu tidak memegang handphone mu. Bahkan semua riwayat postingan mu di media social pun adalah jejak digital mu.

8 Tips Melindungi dan Mengelola Jejak Digital, Hal Sepele yang Kerap Diabaikan - Universitas Pasundan Bandung

Kalau kamu masih pusing memahaminya, rekam jejak digital adalah tulisan mu disebuah buku yang kamu tulis dengan jujur dan bisa dibaca oleh orang lain. Jadi, tulisan tersebut bisa diketahui oleh orang orang sekalipun itu adalah tulisan yang memalukan.

Mungkin tak jadi masalah apabia jejak digital yang kamu tinggalkan adalah jejak digital yang postitif, namun jika jejak digital yang kamu tinggalkan adalah jejak yang negatif tentu harus cepat dihapus atau minimal diamankan agar tidak diketahui orang orang.

Penggunaan Jejak Digital untuk Melakukan Investigasi Kejahatan - Bayu Rahmadi - anakteknik.co.id

Pada ranah yang lebih penting, jejak digital juga bisa berupa rekaman cctv atau percakapan telepon. Jadi jangan heran jika kamu sering melihat berita sebuah tragedi namun kamera cctv nya tiba tiba rusak, itu adalah indikasi pengamanan sebuah jejak digital.

Jenis Jenis Jejak Digital

Ada dua jenis jejak digital yang perlu kamu ketahui dan ini harus benar benar kamu pahami karena resikonya akan sangat fatal jika disalahgunakan oleh orang lain. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai dua jenis jejak digital tersebut.

  • Jejak Digital Pasif

Jejak digital pasif adalah rekaman rekaman berupa suara atau video mengenai suatu kegiatan, entah itu kegiatan yang positif atau kegiatian yang negatif. Contoh dari jejak digital pasif adalah riwayat rekaman kamera cctv yang merekam suatu kejadian tanpa disengaja.

Jejak digital yang seperti ini biasa dipakai oleh kepolisian atau badan investigasi untuk menyelesaikan sebuah kasus kriminal. Jadi, jangan heran kalau kamu menonton berita pembongkaran jejak digital oleh badan investigasi untuk mengungkap sebuah kasus.

  • Jejak Digital Aktif

Jejak digital aktif adalah riwayat postingan social media yang diposting oleh penggunanya. Contohnya saja riwayat tontonan video youtube, kegiatan di facebook, instagram, twitter, whatsapp dan lainnya. Jejak ini memang sengaja dibuat oleh penggunanya.

Jejak digital aktif ini sering kali menjerumuskan seseorang ke ranah hukum. Contohnya saja seperti orang orang yang membuat postingan penginaan di twitter lalu pihak yang merasa terhina melaporkannya ke polisi hingga berujung hukuman penjara.

 

Cara Menghapus Jejak Digital

Cara menghapus jejak digital sebenarnya adalah hal yang tidak sulit namun butuh kesadaran tingkat tinggi. Misalnya saja ketika kamu hendak memposting sesuatu di media social, ingat ingatlah resikonya apakah berpotensi melanggar hukum atau tidak.

Namun jika postingan tersebut sudah kadung ada dan belum berdampak pada diri mu secara langsung, sebaiknya hapus saja postingan tersebut dengan cara login di akun media social dan menghapus postingan itu.

Kamu pun tidak perlu khawatir dengan jejak digital di youtube karena kamu bisa menghapus riwayatnya dengan cara pergi ke pengaturan prifasi dan menghapus riwayat tontonan mu di youtube.

Apa itu Jejak Digital, Bahayanya dan Cara Menghapus Jejak Digital

Jika kamu takut riwayat chat mu disadap oleh orang lain, kamu pun masih bisa mencegahnya dengan cara pergi ke pengaturan whatsapp dan pilih menu log out dari semua akun.

Nah yang jadi masalah adalah rekam jejak digital pasif yang memang tidak akan pernah kamu sadari. Contohnya saja kamera cctv yang merekam gerak gerik mu yang tidak mungkin bisa kamu kendalikan.

Jadi, untuk menghilangkan rekam jejak digital pasif, cara satu satunya adalah berperilaku baik dan tidak melanggar hukum agar rekaman mu menjadi rekaman yang positif dan tidak memalukan.

 

Menghapus Jejak Digital Aktif Dan Pasif

  • hapus postingan di media social
  • hapus riwayat tontonan di youtube
  • hapus riwayat pencarian di google
  • log out seluruh akun dari pengaturan privasi Whatsapp
  • berperilakulah yang tidak melanggar hukum