You are currently viewing 10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam

10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam

  • Post category:Film
  • Reading time:7 mins read

10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam –┬áSelain genre drama romance, horor, mystery thriller, nyatanya film tentang bencana alam juga banyak diminati.

Selain memberikan perasaan takut dan mencekam, film bencana alam juga didukung dengan efek spesial yang membuat setiap adegannya tampak begitu nyata.

Dari suguhan adegan, kita bisa melihat suasana yang mencekam, penuh ketakutan yang nyata bukan deg-degan ala film horor. Terkadang, ada pula disisipkan scene mengharukan dan banyak pesan yang ingin disampaikan dari kejadian bencana alam yang ditampilkan dalam film.

Buat para penggemar film, tema bencana alam cocok nih buat ditonton ulang. Selain jadi hiburan di waktu santai, tapi juga pengingat bahwa alam juga bisa marah pada manusia.

Dari segi alur cerita, efek spesial dan pengambilan gambarnya terlihat begitu nyata dan menakjubkan. Berikut rangkuman film bencana alam terbaik yang recommended banget!

10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam

1. Krakatoa: The Last Day (2006)

Film tentang bencana alam ini bergenre Dokudrama atau drama dokumenter yang diproduksi oleh BBC karya sutradara Sam Miller. Krakatoa: The Last Day sendiri diangkat berdasarkan catatan saksi mata terjadinya letusan Gunung Krakatau yang terjadi sekitar tahun 1883.

Berawal dari sebuah keluarga berkewarganegaraan Belanda yang menetap di desa Katimbang. Suatu hari terdengar dentuman keras yang terdengar sangat jelas dari arah laut bersamaan dengan munculnya awan hitam yang menutup langit.

Ternyata awan hitam tersebut dari letusan Gunung Krakatau. Warga yang penasaran pun keluar rumah dan berdatangan ke bibir pantai. Tidak lama kemudiam tsunami datang menyapu seluruh daratan tak terkecuali desa Katimbang.


2. Aftershock (2010)

Film yang berjudul asli Tang Shan da di Zheng ini juga termasuk salah satu film bencana alam yang cukup fenomenal. Film ini diangkat dari kejadian nyata sebuah gempa bumi besar di daerah Tangsan, China yang menelan banyak korban jiwa pada tahun 1976.

Film ini mengisahkan rasa trauma yang dialami Fang Deng, seorang anak laki-laki yang berhasil selamat dari gempa bumi Tangshan di tahun 1976 di Cina.

Minimnya efek visual membuat cerita terasa begitu realistis, ditambah lagi film juga lebih fokus dengan perkembangan karakter utama setelah tragedi terjadi. Meski demikian, film ini sukses mengaduk emosi dan bisa jadi referensi film bencana alam terbaik buat ditonton ulang.


3. Haeundae atau Tidal Wave (2005)

Bukan cuma film barat, Korea Selatan juga punya film tentang bencana alam, khususnya tentang bencana tsunami. Film garapan sutradara Yoon Jae Kyook ini dibintangi Ha Ji Won, SolnKyung Gyu hingga Uhm Jung Hwa.

Diceritakan, seorang pakar bencana alam mengunjungi pantai Haeundae dan yakin jika akan terjadi bencana tsunami dalam waktu dekat. Akan tetapi, pihak pemerintah tidak menggubrisnya dan malah mengatakan yang sebaliknya.

Di suatu hari yang cerah banyak warga kota yang berkunjung ke Pantai Haeundae, tidak ada yang menyangka jika hari itu mereka harus berjuang menyelamatkan diri dari kejaran megatsunami yang begitu dahsyat.

Film ini menyuguhkan adegan bagaimana tsunami bisa menghantam daratan dengan sangat mengerikan.


4. 2012 (2009)

Film tentang bencana fiksi ilmiah karya sutradara Roland Emmerich ini sempat heboh pada masa penayangannya. Pasalnya, dibumbui sebuah ramalan mengenai hari kiamat yang segera terjadi di tahun 2012.

Film 2012 ini mengisahkan tentang dunia yang akan segera hancur karena kiamat. Di film ini, kiamat digambarkan dengan bencana alam yang begitu besar dan merusak. Seperti gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan seluruh peradaban manusia.

Dr. Adrian, seorang ilmuwan Amerika sudah pernah memperingatkan jika akan muncul bencana alam yang begitu besar. Sayangnya, tak seorangpun yang mempercayainya. Berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan diri dari bencana.


5. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Selain memproduksi film-film bergenre drama romantis, horor dan komedi, sineas Indonesia juga pernah membuat film tentang bencana alam. Hafalan Shalat Delisa, film ini diangkat dari sebuah novel laris karya Tere Liye berjudul sama.

Meski tidak didukung dengan efek visual yang memadai, film karya Sony Gaokasak ini tetap sukses mengaduk emosi penontonnya. Berkisah tentang Delisa, gadis kecil periang yang tinggal bersama ibu dan kakaknya di desa Lhok Nga, kawasan pesisir di kota Aceh.

Senyum riang Delisa harus berganti suram ketika tsunami menyapu kampung dan seluruh Aceh termasuk kakak-kakak dan ibu Delisa tersayang. Delisa berhasil selamat karena ditemukan oleh seorang prajurit dari Angkatan Darat Amerika bernama Smith.

Meski selamat, Delisa harus pasrah karena kakinya harus diamputasi, belum lagi kabar kakak dan ibunya yang tak kunjung diterima. Ditengah duka kehilangan semua anggota keluarga, Delisa harus tetap tegar dan tabah ditemani sang ayah yang berhasil menemukannya.


6. This is the End (2013)

Sedikit berbeda, film tentang bencana alam satu ini memiliki sentuhan komedi dalam beberapa adegannya.

Film karya sutradara Seth Rogen bersama Evan Goldberg ini ceritanya berfokus pada keenam sahabat yang terjebak di sebuah rumah saat terjadi serangkaian bencana alam di Los Angeles.

Dengan persediaan logistik yang terbatas, keenam sahabat dipaksa bertahan hidup di tengah bencana. Agar bisa bertahan hidup, mereka terpaksa pergi keluar rumah untuk mendapatkan makanan tambahan.

Film ini mengajarkan untuk memahami makna persahabatan sesungguhnya di tengah bencana.


7. San Andreas (2015)

Film bencana alam terbaik selanjutnya ada San Andreas, garapan sutradara Brad Peyton. Fokus film ini ada pada peristiwa gempa bumi yang diakibatkan terjadinya Patahan San Andreas hingga akhirnya menghancurkan kawasan San Francisco Bay.

Di suatu hari yang tenang, kawasan Dan Fransisco diguncang gempa hebat yang membuat kota porak-poranda.

Film bergenre drama yang diselipkan thriller ini mengisahkan tentang Ray dan sang istrinya yang harus saling bekerja sama agar bisa menyelamatkan buah hati dari bencana alam. Meskipun keduanya sebetulnya sedang dalam proses perceraian.


8. Pompeii (2014)

Film besutan Paul W.S. Anderson ini merupakan film aksi petualangan bertema bencana alam, dimana letusan gunung Vesuvius membuat kota Pompeii, Romawi kuno hancur tak bersisa.

Diadaptasi dari kisah bencana alam yang terjadi sekitar 79 Masehi, Pompeii menceritakan tentang seorang budak yang jatuh hati dengan putri sang majikan. Selain ditentang oleh keluarga karena perbedaan kasta, kisah romansa keduanya juga terhalang bencana dahsyat pada masa itu.

Selain suguhan aksi-aksi laga gladiator pada masa Romawi kuno, di film tentang bencana alam ini juga digambarkan bahwa letusan gunung vulkanik begitu mengerikan.


9. The Finest Hours (2016)

Bukan cuma menambahkan wawasan tentang suatu bencana yang pernah terjadi, film tentang bencana alam yang diangkat dari kisah nyata pun juga bisa lebih menegangkan.

Film besutan Craig Gillispie yang diadaptasi dari sebuah novel berdasar kisah nyata karya Michael J. Tougias bersama Casey Sherman ini berkisah tentang badai laut yang begitu mengerikan.

Bersama Chris Pine ada Casey Affleck, Holliday Grainger, hingga Ben Foster yang jadi karakter utamanya. Film ini sendiri mengisahkan tentang empat kru coast guard yang berjuang untuk menyelamatkan awak kapal yang terjebak di sebuah kapal penganut minyak di laut lepas.

Di film ini kamu bakal disuguhi situasi mengerikan akibat terpaan badai laut yang begitu dahsyat. Menegangkan!


10. The Wave (2015)

Film tentang bencana alam selanjutnya ini merupakan karya sutradara Roar Uthauq dan berbahasa Norwegia. Bencana bisa muncul kapan saja, entah di siang hari maupun tengah malam saat semua orang tengah terlelap.

Sebagaimana yang dikisahkan dalam film bencana alam berjudul The Wave ini. Sebuah kota di lereng gunung Akneset dan sebuah sungai disapu tsunami akibat terjadinya longsor di area gunung.

Kristian yang seorang ayah sekaligus ahli geologi harus berjuang keras agar bisa menyelamatkan buah hati dan istrinya. Mereka terjebak di dalam bunker sebuah hotel ketika tsunami menerjang.


Penutup

Buat nonton film tentang bencana alam, kamu bisa streaming di berbagai situs yang banyak tersebar di internet. Jangan lupa pasang aplikasi VPN Mantap di perangkat kamu, ya.

Catatan Editor

Supaya, jaringan internet jadi lebih private, sehingga tak perlu khawatir lagi soal internet positif, atau kesulitan akses situs streaming karena diblokir. Selain itu, kamu juga bisa nonton film yang hanya tayang di suatu negara saja dengan mengubah server di aplikasi VPN Mantap. Asyik, bukan?

Aplikasi VPN Mantap juga membuat jaringan internet jadi lebih cepat, lho! Jadi streaming film atau jelajah di internet gak perlu bete lagi, sehingga lebih nyaman bebas kendala.

Download VPN Mantap

Nah, itu tadi rekomendasi film tentang bencana alam terbaik yang harus kamu tonton. Ceritanya yang epik dan suguhan spesial efeknya yang terlihat nyata, bakala memberikan pengalaman nonton yang seru dan penuh pelajaran di akhir cerita. Selamat nonton!