You are currently viewing 10 Film Kolosal Terbaik, Megah dan Ikonik. Sudah Nonton?

10 Film Kolosal Terbaik, Megah dan Ikonik. Sudah Nonton?

  • Post category:Film
  • Reading time:7 mins read

10 Film Kolosal Terbaik, Megah dan Ikonik. Sudah Nonton? – Tahukah kamu, film kolosal terbaik selalu menjadi genre yang tak lekang oleh zaman.

Bagaimana tidak, film dengan budget luar biasa dan cerita ekstra kompleks ini selalu menyajikan tampilan yang berbeda.

Selain itu, film kolosal yang proses pembuatannya selalu melibatkan banyak kru ini selalu mengangkat tema seputar pertempuran yang menegangkan. Belum lagi perebutan kekuasaan yang berlatar modern hingga klasik.

10 Film Kolosal Terbaik Wajib Ditonton Oleh Movie Freak

Ada banyak rumah produksi ternama di seluruh dunia yang seakan tak pernah bosan memproduksi film bergenre kolosal di setiap tahunnya. Mereka menawarkan beragam kisah menarik, baik itu yang murni dari cerita fiksi, diangkat dari legenda, hingga kisah nyata.

Dari sekian banyak judul film bergenre kolosal yang pernah dibuat, berikut merupakan deretan film kolosal paling populer yang wajib ditonton oleh para movie freak. 

1. Braveheart (1995)

Rasanya sulit jika tidak menempatkan “Braveheart” dalam jajaran film kolosal barat terbaik. Film yang dibintangi dan disutradarai sendiri oleh Mel Gibson ini bercerita tentang Randall Wallace yang terpaksa pindah dari Skotlandia karena invasi Inggris.

Setelah memutuskan untuk menjelajah ke beberapa kawasan di Eropa, Wallace akhirnya pulang ke Skotlandia dan berjuang bersama demi kemerdekaan Skotlandia. Melalui pertempuran heroik, Wallace pun jadi ikon perjuangan rakyat Skotlandia dalam melawan penjajah.


2. Star Wars Trilogy

Siapa bilang jika film kolosal terbaik hanya seputar sejarah saja? Buktinya, George Lucas mampu menyuguhkan ide yang bisa dibilang sederhana, tetapi dikemas secara jenius sehingga menghasilkan film kolosal barat terpopuler sepanjang masa.

Pada dasarnya, “Star Wars” merupakan film yang mengisahkan pertikaian antara keluarga Skywalker. Namun, cerita tersebut berubah menjadi lebih kompleks karena berujung pada perang antar galaksi.

Diketahui, trilogi “Star Wars” yang pertama diproduksi sekitar tahun 1977 hingga 1983. Bisa dibilang, trilogi pertama ini jadi yang terbaik hingga kini.

Trilogi salah satu film kolosal terbaik ini menceritakan tentang terbentuknya kesatria Jedi baru yang dikenal sebagai Luke Skywalker.

Dalam cerita tersebut, Luke ditakdirkan melawan karakter antagonis bernama Darth Vader. Ternyata, Darth Vader merupakan ayah dari Luke Skywalker.

Demi mengembangkan cerita menjadi lebih istimewa, Lucas Film memutuskan untuk memproduksi trilogi kedua.

Prekuel trilogi pertama ini bercerita tentang kegagalan Anakin Skywalker. Ia gagal dalam menahan force yang penuh kekuatan jahat pada dirinya sendiri hingga mengubahnya menjadi seorang Darth Vader.


3. The Lord of The Rings Trilogy (2001 – 2003)

Film kolosal barat selanjutnya yang tak kalah seru adalah “The Lord of The Rings Trilogy”. Diadaptasi dari cerita novel dengan judul sama karangan penulis J.R.R Tolkien, film ini cukup menggemparkan pada masanya.

The Lord of The Rings bercerita tentang dua golongan yang berseteru dalam kisah yang begitu pelik. Belum lagi plot cerita dan efek visual yang disajikan benar-benar memikat.

Tak heran jika film kolosal satu ini masuk dalam jajaran nominasi terbaik Oscar di tahun perilisannya. Bahkan, “The Lord of The Rings Trilogy” berhasil memenangkan kategori Best Picture di film keduanya yang bertajuk “The Lord of The Rings: The Return of The King”.


4. The Last Samurai (2003)

Meski menuai banyak kritikan pedas soal historis yang terkandung di dalamnya, tetap saja “The Last Samurai” layak menyandang predikat sebagai film kolosal terbaik. Salah satu poin menarik film ini adalah pengambilan latar waktu di era samurai yang hampir melewati masa senjanya.

Gencarnya westernisasi membuat petinggi di kekaisaran Jepang akhirnya memutuskan mengakhiri era samurai. Dimana para samurai dikenal sebagai pasukan elit penjaga keluarga kerajaan.

Kisah ini bermula ketika Nathan Algren yang diperankan oleh Tom Cruise muncul sebagai karakter sersan pelatih seni perang modern dari angkatan bersenjata Amerika.

Misi Nathan Algren adalah melatih seluruh pasukan kekaisaran Jepang yang tersisa dengan ilmu seni perang yang lebih modern dengan alat-alat terkini pada masanya. Nahas, sang sersan justru tertangkap dan menjadi tawanan para samurai.

Rasa simpati terhadap para samurai ini justru tumbuh dalam diri Algren selama menjadi tawanan. Di tempat yang sama pula, Algren mempelajari berbagai teknik perang ala samurai Jepang dan ikut berperang melawan pihak kekaisaran yang ingin membunuh para samurai terakhir tersebut.


5. Troy (2004)

Satu lagi film kolosal terbaik yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Troy. Film ini berkisah tentang pertempuran dua kerajaan kuno, yaitu Sparta dan Troy.

Film yang diangkat dari puisi berjudul “The Iliad and Odyssey” karya Homer ini berawal dari siasat Achilles dalam sebuah perang yang dijuluki Troya. Menjadi salah satu film bergenre kolosal dengan plot yang super menegangkan, tak heran jika Troy begitu populer dan kerap diputar ulang di televisi hingga saat ini.


6. Kingdom of Heaven (2005)

Film kolosal garapan Ridley Scott ini berlatar tentang kisah kerajaan sesuai dengan judulnya. Diawali dengan perjalanan Balian yang berasal dari Perancis menuju Yerusalem.

Perjalanan tersebut dilakukan demi mendapatkan pengampunan Tuhan, namun hidup Balian justru berubah drastis.

Selama perjalanan tersebut, Balian pada akhirnya menjadi seorang bangsawan yang kemudian membantu Raja Baldwin IV dalam mempertahankan Yerusalem dari serangan penjajah.


7. 300 (2006)

Dalam film “300”, tokoh utamanya bernama Leonidas yang diperankan oleh Gerard Butler. Leonidas adalah putra kedua Raja Anaxandridas dari istri pertamanya yang berubah menjadi sosok raja termasyhur dalam sejarah kerajaan Sparta.

Bahkan, tak sedikit orang yang percaya bahwa Leonidas merupakan keturunan langsung Dewa Herales. Sebab, Leonidas dikenal akan keberanian dan kekuatannya yang tiada tanding.

Namun sayangnya, sang raja legendaris tersebut tewas bersama 300 pasukan setianya saat bertempur dengan bangsa Persia di tahun 480 SM.

Pengorbanan Leonidas seluruh prajuritnya pada pertempuran Thermopylae ini dipandang sebagai aksi heroik paling legendaris dalam sejarah manusia.


8. Mongol: The Rise of Genghis Khan (2007)

Bukan hanya film kolosal terbaru saja yang patut kamu tonton jika mengaku sebagai movie freak. Sebab, ada banyak deretan film kolosal lawas yang dibuat beberapa tahun silam tapi tetap sayang jika dilewatkan.

Salah satunya ada film “Mongol: The Rise of Genghis Khan” di tahun 2007 yang lalu. Film ini menceritakan tentang kehidupan pribadi seorang kaisar asal Mongolia bernama Genghis Khan.

Namanya cukup dikenal banyak orang sejak berhasil menaklukkan beberapa wilayah di Asia. Dikisahkan Genghis Khan yang juga dikenal dengan nama Temujin bertemu seorang wanita yang kemudian dipersunting menjadi istri sekaligus penasehat pribadinya bernama Borte.

Meski dikenal bengis, “Mongol: The Rise of Genghis Khan” berhasil menguak sisi lain dalam diri Temujin yang ternyata begitu menyayangi keluarganya.


9. Fetih 1453 (2012)

Bukan hanya Amerika ataupun Cina saja yang rajin memproduksi film kolosal. Ternyata, Turki juga pernah menorehkan sejarah dengan merilis sebuah film kolosal terbaik berjudul “Fetih 1453” di tahun 2012 silam.

Ceritanya berawal dari seorang pria bernama Muhammad Al Fatih atau Mehmed II yang berhasil merebut kawasan Konstatinopel (Istanbul) tepat di tahun 1453. Bisa dipastikan, selama hampir tiga jam kamu akan disuguhkan aksi heroik Al Fatih bersama para pasukan Utsmani yang sangat mendebarkan dalam penaklukan Konstantinopel.


10. Shadow (2018)

Ternyata, film kolosal Cina juga wajib ditonton para movie freak. Sebab, banyak kisah kerajaan dari Cina ko ko yang selalu menyajikan plot menarik sekaligus menegangkan.

Salah satu film kolosal bertema kerajaan yang wajib kamu tonton berjudul “Shadow”. Ceritanya bermula dari Kerajaan Pei yang tak pernah memenangkan pertarungan saat berseteru dengan Kerajaan Yang.

Tak hanya menawarkan sejarah yang ikonik, “Shadow” juga menyuguhkan banyak adegan pertarungan yang elegan. Setiap konflik yang hadir dibuat secara detail dan apik sehingga kamu tidak akan bosan ketika menontonnya.


Penutup

Catatan Penting

Nah, dari deretan film kolosal  terbaik yang telah disebutkan di atas, kira-kira mana nih yang paling menarik perhatian kamu? Jika kamu penasaran tetapi terhalang masalah akses saat ingin streaming di beberapa situs nonton ilegal, coba unduh saja aplikasi VPN Mantap.

VPN Mantap merupakan salah satu penyedia VPN gratis dengan server super cepat dan keamanan terjamin. Sebab, seluruh data pengguna tidak akan tersimpan tapi tetap mudah digunakan.

Download VPN Mantap

Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa dalam menonton berbagai film favorit, termasuk di antaranya film kolosal terbaru yang mungkin sudah masuk dalam watching list kamu.

Demikian tadi rekomendasi film kolosal terbaik yang patut kamu tonton saat sedang bersantai setelah seharian beraktivitas atau di akhir pekan. Meski memiliki cerita yang kompleks, tapi percayalah kamu gak bakal bosan meski harus streaming selama hampir dua jam bahkan lebih buat nonton film kolosal terbaik.