Cara Mengecilkan Ukuran Atau Kompres File PDF

Cara Mengecilkan Ukuran Atau Kompres File PDF

  • Post category:Internet
  • Reading time:5 mins read

Cara Mengecilkan Ukuran Atau Kompres File PDF – Sama halnya dengan banyak file digital yang lainnya, kita pun dapat melakukan kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan. Jika kita menggunakan Adobe PDF, ukuran file PDF akan sangat bervariasi tergantung opsi pengaturannya.

Jika kita mengatur ukuran cetak file PDF dengan kualitas tinggi, maka file PDF yang dihasilkan akan berukuran cukup besar, begitu juga sebaliknya. File PDF yang kita buat berapa pun ukurannya, kita tetap bisa memperkecilnya sesuai kebutuhan.

Cara mengecilkan ukuran PDF tidaklah sulit dilakukan, karena kita bisa melakukannya secara online tanpa software dengan mudah. Hal ini disebut juga dengan Kompres PDF atau dalam istilah pengiriman data, dikenal dengan “Source Coding”.


4 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Ada beberapa cara mengecilkan file PDF tanpa software yang bisa dilakukan langsung secara online. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kompres PDF Online dengan SmallPDF

Buat kamu yang ingin mengecilkan ukuran file PDF secara online, maka Smallpdf bisa jadi tools yang tepat. Aplikasi kompres PDF online berbasis web ini memungkinkan kita untuk menggunakan fitur-fitur PDF tanpa perlu mengunduh ataupun menginstal software di perangkat.

SmallPDF dilengkapi dengan 17 tools PDF, mulai dari konversi, memotong, menggabungkan, hingga kompres PDF menjadi kecil. Meski fiturnya tidak sehandal sistem PDF desktop, namun SmallPDF menawarkan fitur-fitur dasar yang dibutuhkan secara umum.

Hal ini tentu bisa solusi kompres PDF online yang cukup ideal bagi kamu yang lebih suka fitur sederhana tapi useable. Hal ini terbukti dengan basis pengguna dari SmallPDF dengan jumlah pengguna lebih dari angka 15 juta an per bulan.

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Dengan SmallPDF:

  1. Masuk ke situs web resmi milik SmallPDF.
  2. Lalu pilih opsi Mengompres PDF.
  3. Klik Pilih File untuk memilih file PDF mana yang akan dikompres.
  4. Selanjutnya, muncul pop-up window tempat file kamu berada lalu klik file yang ingin dikompres, dan pilih Open.
  5. Tunggulah sebentar hingga file PDF sepenuhnya diunggah.
  6. Klik Kompresi Dasar dengan mengubah ukuran file PDF menjadi salah dan kualitas tinggi.
  7. Lalu Pilih Opsi.
  8. Kemudian bersiap.untuk proses kompresi dan tunggui hingga file tersebut selesai dikompres.
  9. Selanjutnya seger Klik Unduh, dan file.kamu sudah terkompresi.

Dengan demikian, kamu pun sudah berhasil mengecilkan ukuran PDF dengan SmallPDF.


2. Kompres PDF Offline dengan Adobe Acrobat DC

Software kompres file PDF yang satu ini merupakan besutan Adobe Systems dan menjadi software pertama yang mendukung file dengan format PDF. Dalam Adobe Acrobat DC ini terdapat dua fitur mumpuni yang bakal memudahkan kita untuk kompres PDF secara offline.

Yakni Adobe Reader dan Adobe Acrobat yang digunakan untuk mengedit file dokumen dengan format PDF. Cara mengecilkan ukuran PDF dengan Adobe Acrobat secara offline ini bisa dibilang cukup mudah. Berikut langkah untuk memperkecil ukuran file PDF:

  1. Buka Adobe Acrobat DC dari perangkat PC atau laptop.
  2. Pilih menu Tools > klik Optimize PDF.
  3. Temukan dan pilih file PDF mana yang ingin dikompres.
  4. Klik Reduce File Size yang berada di menu atas.
  5. Sesuaikan compatibility-nya lalu klik OK.
  6. Selanjutnya rename file PDF tersebut dan simpan.

Mudah sekali, bukan?


3. Cara Kompres PDF dengan Microsoft Word

Sekarang ini, seluruh pengguna Windows pasti memiliki software Microsoft Word di perangkat mereka. Namun mungkin tak banyak yang tahu jika mereka dapat perkecil ukuran PDF sesuai keinginan dengan bantuan Microsoft Word.

Mengubah dokumen dalam format word menjadi PDF mungkin cukup mudah. Akan tetapi, file PDF yang dihasilkan mungkin kurang sesuai.

Ada beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF secara singkat yang bisa diikuti agar hasi kompresi sesuai kebutuhan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka file Microsoft Word di perangkat yang digunakan, klik opsi Save As di sudut kiri atas.
  2. Selanjutnya Save As Type, pilih opsi PDF.
  3. Pilih ukuran Minimum Size.
  4. Pilih Options.
  5. Pastikan bahwa opsi “ISO 19005-1 compliant (PDF/A)” serta “Bitmap text when fonts may not be embedded” tidak dicentang.

Dengan begitu, kamu pun berhasil mengkompres file PDF lewat Microsoft Office.


4. Kompres Ukuran PDF di Android dengan iLovePDF

Saat ini kita tak cuma bisa menggunakan PC atau laptop saja untuk memperkecil ukuran PDF. Smartphone Android pun juga bisa digunakan untuk kompres PDF menjadi kecil sesuai kebutuhan.

Salah satunya dengan iLovePDF, dengan aplikasi ini kita bisa mengedit dan kompres file PDF sesuai yang diinginkan dalam satu tempat dan 100% free! Menarik bukan?

Kita bisa menambahkan atau mengedit isi PDF langsung dari smartphone Android hanya dalam hitungan detik. Kamu juga bisa lebih leluasa mengerjakan tugas di mana saja dan kapan saja tanpa perlu repot bawa laptop kemanapun. Cukup dengan smartphone dan aplikasi iLovePDF, semuanya beres.

Aplikasi keren ini dilengkapi sejumlah fitur yang cukup keren, antara lain:

  1. Annotate PDF
  2. Fill PDF forms
  3. Sign PDF
  4. Merge PDF
  5. Compress PDF
  6. Split PDF
  7. PDF converter
  8. OCR scanner
  9. Rotate PDF, dan masih banyak lagi

Demikian tadi beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk kompres PDF online dan offline yang bisa digunakan dengan mudah.

Kamu bisa memilih cara mengecilkan file PDF yang dinilai paling mudah agar bisa mendapatkan ukuran file yang dibutuhkan. Selamat mencoba!