You are currently viewing 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Ampuh dan Jitu!

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Ampuh dan Jitu!

  • Post category:Internet
  • Reading time:5 mins read

Cara Mengatasi Laptop Lemot, Ampuh dan Jitu! – Punya laptop yang lemot memang menyebalkan, karena bisa membuat pekerjaan kita jadi terganggu.

Penyebab laptop lemot pun juga macam-macam, bisa jadi karena kapasitas laptop yang kurang memadai atau memang ada Malware yang menggangu.

Bukan cuma PC, perangkat laptop pun gak bisa lepas dari sejumlah permasalahan, dam lemot adalah salah satunya. Meski baru saja dibeli, terkadang laptop juga bisa lemot tanpa kita tahu sebabnya.

Salah satu cara mengatasi laptop lemot yang mesti diperhatikan adalah dengan mengetahui penyebab utamanya agar bisa mencari solusi terbaik. Buat kamu yang selalu pusing kenapa laptop lemot padahal tidak digunakan untuk pekerjaan berat. Yuk, simak ulasan berikut selengkapnya.

Kenapa Laptop Lemot?

Sebelum tahu cara mengatasi komputer lemot, sebaiknya cari tahu lebih dulu apa yang menjadi penyebab laptop lemot. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa laptop lemot, terutama saat browsing di internet atau bahkan tidak sedang digunakan untuk aktivitas yang berat sekalipun.

Berikut beberapa penyebab di antaranya:

  • Ketika menyalakan laptop, ada banyak software atau startup programs yang berjalan otomatis di background. Software yang semakin banyak, akan semakin memperlambat kenirja laptop terutama ketika sedang booting.
  • Harddisk yang digunakan sudah usang. Semakin out of date tipe HDD pada laptop tentu akan berpengaruh pada keseluruhan performa laptop.
  • Harddisk terlalu penuh dengan data pengguna.
  • Membuka lebih dari tiga software secara bersamaan, karena membuat kinerja RAM terbebani.
  • Kapasitas RAM pada laptop yang terlalu kecil.
  • Memasang add-ons yang terlalu banyak pada browser.
  • Membuka tab yang terlalu banyak pada browser. Sebab bisa menguras kapasitas RAM laptop.
  • Laptop terjangkit Malware atau virus berbahaya. Jadi pastikan untuk menghindari kebiasaan browsing situs-situs ilegal dan menjaga keamanan jaringan internet dengan aplikasi VPN, kamu bisa gunakan VPN Mantap salah satunya.
  • Software antivirus pada laptop terlalu aktif.
  • Kurang memperhatikan update pada sistem operasi.

Pernah mengalami hal-hal yang ada di atas? Itulah penyebab laptop lemot yang paling umum kita alami dalam keseharian.


7 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Setelah mengetahui beberapa alasan kenapa laptop lemot, selanjutnya tinggal mengatasinya sesuai permasalahan utamanya. Umumnya, cara mempercepat kinerja laptop ini cukup berguna untuk pengguna sistem operasi Windows, mulai dari Windows 7, 8 dan 10. Simak cara membuat laptop tidak lemot berikut ini.

1. Lakukan Upgrade pada RAM

Penyebab laptop lemot yang paling sering ditemukan salah karena kapasitas RAM kurang memadai. Untuk itu kita perlu melakukan penambahan kapasitas RAM pada laptop yang dimiliki. Ini juga bisa jadi salah satu cara mengatasi laptop lemot Windows 10 maupun Windows yang lain.

Secara umum, pabrikan laptop membekali produknha dengan RAM berkapasitas antara 2 hingga 4 GB. Padahal, agar bisa menjalankan software terkini setidaknya lapatop butuh RAM berkapasitas 8GB.

Karenanya, cara mempercepat laptop yang lemot dengan mudah adalah dengan menambah RAM dan memasangnya di slot yang sudah tersedia. Tapi sebelum itu, pastikan jika tipe RAM (SODIMM atau DIMM), kapasitas, hingga kecepatannnya memang sudah sesuai.

2. Ganti HDD (Hardisk) dengan SSD

Apabila penyebab laptop lemot ada pada HDD (harddisk), maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan proses defrag agar membuat performanya kembali refresh.

Jika ternyata cara mengatasi Windows 10 lemot ini kurang ampuh, maka mengganti HDD dengan tipe terbaru atau SSD (Solid State Drive) bisa jadi solusi yang lain. Bukan cuma pada performanya saja, HDD dan SSD juga berbeda pada proses booting yang jauh lebih cepat dan semakin responsif.

Disarankan untuk penggunaan SSD-nya khusus untuk memuat OS saja, sebab ukuran SSD saat ini tidak terlalu besar. Selain itu harganya pun juga jauh lebih mahal dibanding dengan HDD.

3. Rutin Melakukan Perawatan pada Hardware

Banyak yang terkadang lupa pada hal yang satu ini yang ternyata sangat penting dalam mendukung kinerja laptop. Cara mempercepat kinerja laptop agar tetap ngebut adalah dengan melakukan perawatan rutin pada hardware.

Caranya dimulai dengan membersihkan kipas pada laptop, motherboard, hingga mengganti thermal paste yang ada di bagian prosesor pada laptop. Cara mengatasi komputer lemot dengan trik ini bisa cukup membantu, lho.

4. Gunakan Aksesori Pendukung

Tahukah kamu kalau overheat pada laptop, ternyata juga menjadi penyebab laptop lemot, lho. Sehingga berpengaruh besar pada performa laptop kamu. Untuk itu, kita bisa menggunakan aksesori tambahan seperti kipas atau cooling pad misalnya supaya suhu laptop tidak terlalu panas.

Selain itu, ada pula vacuum cooler yang fungsinya juga membantu membuat suhu laptop tetap stabil dengan menyedot udara panas dari laptop. Meski sepele, tapi cara mengatasi laptop lemot ini cukup efektif, lho!

5. Hapus Software yang Jarang Digunakan

Pernah merasa kalau laptop baru kok lemot padahal belum lama dibeli? Sebuah laptop, pasti punya banyak software pendukung yang terinstall di dalamnya.

Nyatanya, tidak semua software tersebut akan terpakai semua. Nah, cara membuat laptop tidak lemot selanjutnya adalah dengan mencopot pemasangan (uninstall) beberapa software yang dianggap jarang digunakan dan kurang bermanfaat.

Cara mengatasi Windows 10 lemot ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu bawaan yang ada di menu Settings. Bisa juga dengan membuja software uninstaller, misalnya CCleaner dan sebagainya.

6. Lakukan Full Scan pada Laptop dengan Bantuan Software Antivirus

Penyebab laptop lemot salah satunya adalah karena ada virus yang menyerang. Nah, solusi jitu untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan software antivirus yang mampu membersihkan virus secara total.

Sangat disarankan, full scan dilakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali. Ditambah lagi, jangan sampai lupa untuk menonaktifkan fitur automatic scan supaya laptop tidak tambah lemot karena antivirus yang berjalan otomatis di background.

7. Lakukan Install Ulang pada OS Windows

Cara mempercepat kinerja laptop agar tidak lemot selanjutnya adalah melakukan install ulang Windows. Cara ini bahkan juga bisa mengatasi laptop ngelag hingga hang.

Dengan cara ini kita bisa tahu apa dan kenapa laptop lemot. Mungkin karena hardware atau software yang bermasalah, atau bahkan laptop menjadi lemot setelah dilakukan update Windows.


Penutup

Nah, demikian tadi ulasan tentang apa saja penyebab laptop lemot dan bagaimana cara mengatasi laptop lemot dengan mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Tidak sulit bukan? Jadi tanpa perlu keluar biaya besar laptop lemot pun bisa kembali normal.